Pohon Pisang Si Serba Guna

Pohon kelapa yang di pakai sebagai lambang pramuka karena banyak manfaat dan kegunaan dari pohonnya itu ternyata punya saingan berat dalam hal manfaat dan kegunaannya. Pohon apa sih yang jadi saingannya itu????
Ternyata yang jadi saingannya itu adalah pohon pisang. Kok bisa???
Ya, karena ternyata dari mulai daun, batang, buah, dan  bunganya bisa digunakan untuk keperluan dalam pertanian, pengobatan, dunia kuliner dan bisa digunakan dalam pementasan seni wayang. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada sedikit ulasannya.

Bunga
Bunga pisang disebut juga jantung pisang karena bentuknya seperti jantung. Biasanya dimanfaatkan untuk dibuat sayur, karena kandungan protein, vitamin, lemak, dan karbohidratnya tinggi. Selain dibuat sayur, bunga pisang ini dapat pula dibuat manisan, acar, maupun lalapan.

Daun
Daun pisang banyak dimanfaatkan untuk membungkus. Daun-daun yang sudah tua dan robek-robek bisa digunakan untuk pakan ternak seperti, kambing, sapi atau kerbau. bila jumlah daun seperti itu berlebihan bisa pula dibuat kompos.

 Batang
Batang pisang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, untuk membuat lubang pada banguanan, alas untuk memandikan mayat, untuk menutup saluran air bila ingin mengalirkan air atau membagi air, untuk tancapan wayang, untuk membungkus bibit-bibitan, untuk tali industri pengolahan tembakau (dengan dikeringkan terlebih dahulu), dan baik pula dibuat kompos. Selain itu, air dari batang pisang dapat dimanfaatkan untuk penawar racun dan untuk pengobatan tradisional

Buah
Buah pisang banyak digunakan sebagai makanan seperti tepung, anggur, sale, sari buah, pisang goreng, pisang rebus, keripik pisang, dan sebagainya.

Kulit Buah
Kulit buah pisang dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak.

Bonggol
Pengertian bonggol pisang ini adalah batang tanaman pisang yang berupa umbi batang (batang aslinya). Bonggol batang pisang muda dapat dimafaatkan untuk sayur.

nah, gimana nih SIAD READER??? Apakah jadi kepikiran buat ngeganti lambang pramuka jadi pohon pisang??? hehehe................

0 comments:

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut